Penyakit Rabies

gejala-penyakit-rabiesPenyakit Rabies atau Hydrophobia atau disebut penyakit anjing gila adalah suatu penyakit hewan yang mematikan yang disebabkan oleh virus. Penularan penyakit rabies ke manusia terutama terjadi melalui gigitan binatang yang terinfeksi virus rabies. Kuman yang terdapat dalam air liur binatang ini akan masuk ke aliran darah dan menginfeksi tubuh manusia. Binatang yang sering menderita rabies adalah anjing, kucing, kelelawar dan kera. Selain lewat gigitan, rabies juga dapat ditularkan melalui mata, hidung, mulut dan luka yang terkontaminasi oleh air liur binatang yang terjangkit rabies. Penularan lewat cara ini sangat jarang terjadi, umumnya penularan melalui gigitan.

Virus rabies bergerak ke otak dengan mengikuti saraf perifer (peripheral nerves) Masa inkubasi dari penyakit ini tergantung pada seberapa jauh virus harus bergerak untuk mencapai sistem saraf pusat, biasanya memakan waktu beberapa bulan. Setelah infeksi virus rabies mencapai sistem saraf pusat dan gejala mulai tampak, infeksi praktis tidak dapat diobati dan biasanya fatal dalam hitungan hari.

Gejala Penyakit Rabies

Tahap awal gejala penyakit rabies adalah meriang (malaise), sakit kepala dan demam, kemudian berkembang menjadi yang lebih serius, termasuk nyeri akut, gerakan yang kasar / kejang-kejang, kegembiraan yang tak terkendali, depresi dan ketidakmampuan untuk menelan air. Akhirnya, pasien dapat mengalami periode mania dan kelesuan, diikuti oleh koma. Penyebab utama kematian biasanya tidak mampu bernafas. 97% dari kasus rabies manusia berasal dari gigitan anjing

Setelah digigit, pederita harus secepatnya dibawa ke pusat pelayanan kesehatan terdekat. Hal ini penting agar kita sesegera mungkin mendapatkan vaksinasi rabies. Yang pertama dilakukan adalah membersihkan luka dengan air dan sabun guna mengurangi penyebaran infeksi. Setelah luka dibersihkan, pasien diberikan vaksinasi rabies.

Pencegahan Penyakit Rabies

Pencegahan penyakit rabies dapat dilakukan dengan memvaksinasi hewan peliharaan rutin, hindari memelihara hewan liar di rumah, jika anda bepergian ke daerah yang terjangkit rabies, segeralah ke pusat pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan vaksinasi rabies.

Linked Posts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Be Sociable, Share!

Comments are closed