7 Hal ini mampu merusak sistem metabolisme tubuh

sistem metabolismeSistem metabolisme diperlukan dalam peningkatan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Sistem metabolisme menyangkut dalam hal menjaga kestabilan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga menyehatkan sistem pencernaan Anda.

Namun dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa kebiasaan yang dapat merusak sistem metabolisme tubuh Anda. Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang mampu merusak sistem metabolisme tubuh seperti yang dilansir dari womenshealthmag.com.

Tidak cukup minum air

Tubuh Anda memerlukan banyak air agar semua sistem tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik. Begitu pula agar sistem kekebalan tubuh Anda berjalan dengan baik, maka Anda harus banyak mengonsumsi air putih.

Kurang mengonsumsi vitamin D

Ketika Anda kekurangan vitamin D, maka proses turunnya berat badan Anda akan lebih lambat sebab hormon ghrelin Anda meningkat. Meningkatkan hormon ghrelin dapat membuat napsu makan Anda meningkat.

Anda hanya melakukan kardio

Olahraga memang baik, namun hanya melakukan olahraga kardio justru dapat merusak sistem metabolisme tubuh Anda. Oleh karena itu kombinasikan latihan kardio Anda dengan latihan beban.

Sering ngemil di malam hari

Kebiasaan untuk ngemil terutama makanan yang tidak sehat di malam hari dapat memperlambat sistem metabolisme Anda. Oleh karena saat Anda merasa lapar di malam hari, konsumsilah camilan yang sehat.

Kurang tidur

Kurang tidur juga akan menurunkan sistem metabolisme Anda terutama melemahkan proses produksi hormon kortisol. Proses ini mampu membuat berat badan Anda meningkat.

Stres

Stres tidak hanya membuat Anda sakit dan depresi, namun juga dapat membuat sistem metabolisme tubuh Anda menurun. Oleh karena itu saat merasa stres, lakukan beberapa hal untuk mengurangi stres Anda.

Banyak mengonsumsi makanan olahan

Makanan olahan kaya akan zat kimia dan pengawet yang dapat merusak sistem metabolisme tubuh Anda. Sehingga perbanyaklah konsumsi makanan sehat dan segar seperti sayur dan buah.

Sistem metabolisme tubuh diperlukan agar kesehatan tubuh Anda tetap stabil. Oleh karena itu hindari hal di atas agar sistem metabolisme tubuh Anda tidak menurun. [Rep. By: Febrianti Diah Kusumaningrum]

Sumber: Merdeka.com – 11 Feb 2014,

Linked Posts:

 

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Be Sociable, Share!

Comments are closed